Tuesday, August 23, 2016

Zoned Out

Terkadang gue suka bengongan sendiri. Gak peduli lagi ngapain, kalo udah ada momentumnya, tiba-tiba gue bisa keilangan fokus. Misalnya waktu pengalaman nyoblos pas pilkada dulu. Gue udah dateng ke TPS, masuk ruangan, dan ketika gue berada di depan kotak suara, tiba-tiba aja gue ilang fokus, berdiri di sana dengan pikiran kosong tanpa aktivitas berarti. Untuk sesaat pikiran gue kayak dibawa ke zona alam yang lain. Gue baru sadar dari lamunan tersebut ketika ditegor ama petugas di sana. Ternyata gue ngelamun di atas pala orang.

Zoned out atau hilang kesadaran akan konsep ruang dan waktu sering gue alami pada situasi-situasi yang gak menentu, entah itu pas lagi ngobrol, nonton, baca, dll. Kekosongan pikiran secara tiba-tiba ini enggak hanya menimbulkan suatu kondisi kinesik yang statis, tapi juga menuntun gue ke aktivitas tanpa arah. Ini sering dialami oleh orang yang mengidap ADD/ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)

Sebenernya inatensi hanyalah salah satu indikatornya. Di samping dari faktor tersebut, ada aspek hiperaktif, impulsif, cemas, problematika sosial, dan gejala-gejala lainnya yang kalian bisa ketahui dari sumber informasi yang lebih kredibel dari blog yang menyantumkan kata "Diare" pada namanya.

Lanjut ke topik, pengalaman kayak gini gak cuman terjadi sekali-dua kali, tapi beberapa kali, dari mulai secara gak sadar udah nyari baju di dapur ampe ngajakin salaman orang yang nadahin tangan buat minta duit. Otak gue nge-delay gitu aja. Ibaratnya badan gue udah sampe Bandung, sedang otak gue masih di Bekasi.

Kayak waktu temen lagi curhat ke gue tentang pacarnya. Tiga detik pertama gue meratiin dia yang lagi ngomong tentang pacarnya yang dicurigain selingkuh. Tiga detik kemudian mulai muncul Tinky Winky dalam bayangan gue. Tiga detik selanjutnya gue malah ngebayangin Teletubbies maen kuda tomplok.

Anjritlah.

Yang kayak begini udah gangguan bawaan dari kecil. Dulu juga pas bocah gue inget pernah merasakan masalah sejenis. Cerita berlatarkan waktu saat gue baru pulang sekolah. Gue yang baru nyampe rumah tetiba mengalami gejala zoned out. Saat itu pikiran gue jadi gak fokus, badan kayaknya bergerak mengalir sendiri tanpa arahan. Gara-gara kondisi ini, yang harusnya gue naro kaos kaki ke tempat cucian malah jadi naro ke tempat sampah. Untung aja saat itu gue gak lagi ngegandeng Emak.

Dari sekian banyaknya pengalaman zoned out yang pernah gue alamin, yang paling kerasa imbasnya adalah ketika tragedi tersebut memberikan dampak secara fisik. Gak kok, ini bukan tentang pengalaman saat gue bengong di kebun binatang terus tiba-tiba gue diperkosa ama badak jawa.


Jadi ceritanya waktu itu gue lagi pengen mandi. Ritual mandi gue biasanya adalah gosok gigi dulu, baru menggila di kamar mandi. Gue biasanya sikat gigi di wastafel, kadang di dalem kamar mandi, kadang di teras rumah, kadang di kantor polisi. Gak lagi deh gue mandi sambil naek motor. 


Gue pun berjalan menuju wastafel di depan kamar mandi dengan normal. Kalo lagi gak normal biasanya gue jalan dengan merayap. Ngeliat cara jalan gue yang kayak begitu, Emak gue ampe nyesel gak pernah ngasih Combantrin dari kecil. Tiap malem dia selalu menangis mencurahkan hatinya, "Kenapa anak saya jadi kayak cacing gini, gusti... Padahal saya cuman sekali ngegunain dia sebagai umpan buat mancing ikan..."


Oke, lanjut ke urusan wastafel, ambilah gue sikat gigi yang ada di gelas. Semua berjalan natural. Sangat natural, sampe-sampe gue tenggelam oleh pikiran bahwa gue menjalani proses ini dengan natural. Saat itu gue gak sadar lagi terisolasi dalam zona yang lain. Gue gosokin dah tuh gigi make sikat. Waktu nyikat gigi, gue ngerasa ada yang aneh. Tekstur dan rasanya agak beda. Pas gue liat sikat giginya, gue syok seketika.


Itu bukanlah pasta gigi.

Itu adalah sabun muka. 

Jrit.


Gue langsung muntahin sabun muka yang udah mulai berbusa ke wastafel. Tauan sendiri gimana panasnya pembersih muka cowok. Gue berasa abis ngejilat balsem.

Pengalaman hampir serupa juga pernah terjadi di Bandung. Kali ini kamar mandi kost gue yang menjadi saksi bisunya. Emang ni kamar mandi rada angker. Kayaknya kamar mandi ini selalu memberikan gue tragedi idup, dari mulai defisit air pas lagi boker, kena herpes gara-gara kontaminasi air kotor, ampe teror geng binatang kayak titinggi, kecoak, tomcat, laba-laba, nyamuk, semut, dll  yang selalu ngajakin tawuran tiap hari


Masalah zoned out ini pun adalah salah satunya. Cerita bermula saat gue lagi pengen mandi. Kebiasaan mandi gue di Bekasi dan di Bandung rada beda. Di Bekasi gue mandi normal, pake aer. Ya bukan berarti di Bandung gue mandi pake pasir, sih. Sama, di Bandung gue mandi pake aer juga, ya minimal make cuka kalo aer keran abis. Yang membedakan adalah karena di Bandung posisi TV di kamar ngadep langsung ke kamar mandi, gue jadi punya kebiasaan melakukan urusan kamar mandi dengan pintu dibuka, entah itu mandi, boker, atau makan siang. 


Ini membuat gue jadi punya selingan tersendiri saat mandi. Air kotor kost emang jago dalam membikin gue keilangan napsu buat mandi. Maka dari itu untuk mengalihkan perhatian akan polutan air yang membasahi badan, kadang gue suka nyari selingan kegiatan, salah satunya adalah dengan menonton TV. Sebelom kegiatan mandi sambil nonton TV ini menjadi kebiasaan, dulu gue sempet melakukan beberapa kegiatan selingan sambil mandi yang lain, seperti masang bohlam sambil mandi, nyetrika baju sambil mandi, dan main gitar elektrik sambil mandi. Gue berenti melakukan kegiatan-kegiatan tersebut setelah otak gue sempet kena trauma karena efek setruman listrik.

Kembali ke kronologi tragedi kamar mandi, saat itu seperti biasa, gue mandi dengan pintu kamar mandi dibuka agar bisa mandi sambil ngeliat tipi. Untungnya kost gue memiliki fasilitas kamar mandi dalem. Kebayang kalo gue mandi di kamar mandi luar dengan pintu dibuka dan tetiba Ibu kost lewat. Lebih baik jangan ngebayangin.

Dan… di sinilah tragedi itu bermula…

Gue yang lagi anteng nonton TV ngalir aja sampoan dengan muka tanpa dosa. Otak gue kembali gak berfungsi secara optimal. Semua yang gue lalui saat itu berjalan alami tanpa kendali pikiran yang kuat. Fokus gue terbengkalai.

Selang beberapa detik kemudian, gue merasakan adanya sensasi yang gak biasa. Gue endus, baunya kayak bukan bau shampo. Udah gitu, busa yang dihasilkan juga gak setebal shampo pada umumnya. Pas gue cek tangan, akhirnya gue baru tersadar… 


Kalo gue udah make sabun muka untuk keramas.

Anjrot banget.

Ada apa dengan otak gue? Udah dua kali gue mengambil sabun muka untuk penggunaan yang salah. Jangan-jangan kemaren-kemaren gue udah make sabun muka sebagai saos buat makan mie goreng lagi.

Dear, Diare...


Gue baru aja mengalami tragedi yang memilukan... Kenapa bisa gue sikat gigi dan sampoan dengan sabun muka? Gue benar-benar bingung... Gak bisa fokus... Kemarin aja pas dosen lagi nerangin materi kuliah, gue malah nerangin lampu motor... Kayaknya ada yang salah dengan otak gue... Mungkin sebaiknya gue behenti mengonsumsi pupuk kandang.


 Ketika Zoned Out
Share:

0 comments:

Post a Comment