Saturday, June 10, 2017

Perjalanan Menuju Kata "Lulus" (Epilog)



Selepas sidang gue belom nyentuh skripsi lagi buat revisian. Gue mau napas dulu. Baru dua hari kemudian gue mulai buka-buka lagi. Kebetulan waktu revisi gue sebulan. Tapi karena gue mau ngejar target selesai sebelum semester baru dimulai, otomatis gue langsung ngebut begitu mulai ngerjain revisi. Gue bolak-balik perpus lagi, bimbingan lagi, ngetik lagi; gue kembali produktif. Sayangnya di saat gue lagi produktif-produktifnya, softcopy skripsi gue malah ilang. Oh, berita tadi belom cukup buruk? Oke, SOFTCOPY SKRIPSI GUE ILANG PAS LAPTOP LAGI RUSAK. Kayaknya pas lagi proses saving, gue salah nge-overwrite data skripsi gue di hardisk, jadinya data yang asli malah ilang. Ha-ha-ha...

Gue terdiam sejenak. Kemudian perlahan keluar busa dari mulut gue. Gue kebanyakan ngemil deterjen. Gue berupaya untuk gak panik. Gue coba cari cara untuk perbaiki masalah laptop gue terlebih dahulu. Gue buka layarnya, terus gue tutup. Terus gue buka lagi, layarnya item. Setelah itu gue analisis. Hmm... jangan-jangan ini gegara kemaren gue berusaha nangkep ncu di got make laptop lagi. Setelah itu gue pun melakukan ritual tradisional para leluhur untuk mengatasi barang elektronik yang lagi ngadet, yaitu dengan cara nabok-nabokin benda tersebut. Ternyata cara itu manjur, laptop gue berfungsi seperti sedia kala. Ini memberikan gue inspirasi. Lain kali kalo ada barang elektronik rusak, mungkin gue bisa betulin dengan cara ngajak sparing tinju.

Setelah masalah laptop beres, gue langsung mengetik ulang semua data revisi yang telah hilang itu. Untungnya masalah ini gak berbuntut panjang, karena cuman selang beberapa hari, revisian gue kelar juga. Proses acc-pun terbilang cukup lancar dengan dosen-dosen. Gue cuman butuh dua kali pertemuan untuk dapat tanda tangan mereka. Dosen-dosen yang semasa sidang terlihat seperti algojo neraka berubah menjadi baik saat bimbingan. Di sela-sela bimbingan, gue pun sempet ngobrol dikit dengan salah satu dari mereka.

“Hmm... Kamu suka nulis ya?” tanya si dosen sambil ngebolak-balik skripsi gue.

“He? Eh, yaa... saya ada blog si, Pak...” jawab gue yang entah kenapa gue malah bawa-bawa blog terkutuk gue di obrolan ini. Ini sangatlah salah.

“Keliatan.”

(Keliatan? Ma... maksudnya berelevansi gitu? Bukannya di blog gue cuman nulis hal-hal seputar boker, sempak, dan jamban ya?)

Keluar dari ruangan dosen, gue langsung ngecek tulisan gue, takutnya secara enggak sadar gue udah nulis kata ‘boker’, ‘sempak’, dan ‘jamban’ di skripsi gue. Setelah diperiksa, untungnya kata-kata laknat tersebut gak ada. Gue sedikit cemas dengan hal-hal sepele macem ini. Bahkan hal seremeh kata pengantar pun menjadi perhatian bagi dosen penguji saat sidang kemarin. Gue baru nyadar kalo gue udah nulis nama wakop langganan, tapi gak nulis nama temen-temen gue di situ. Bahkan gue salah nulis nama Kaprodi dan Rektor di skripsi gue. Andai gue punya duit untuk setiap kebegoan yang gue buat, maka gue akan menjadi milyuner.

Setelah melewati beberapa hari proses pengerjaan revisi, akhirnya secara resmi skripsi gue kelar dan masuk perpustakaan kampus juga. Gue berhasil mengejar target untuk selesai sebelom Agustus berakhir, tepatnya dua minggu setelah sidang. Sebenernya seharusnya bisa aja gue selese dalam waktu seminggu kalo misalnya satu dosen gak berhalangan hadir selama satu minggu, cuman yang penting tepat waktu.

Dear, Diare... 

Kalo diinget-inget, perjalanan untuk mencapai gelar sarjana ini emang panjang banget. Bahkan setelah gue dinyatakan lulus pun gue masih aja diterpa aral rintangan, dari mulai empat kali bolak-balik ke toko buku buat nyari buku sumbangan yang sesuai dengan kriteria perpus, ampe nerjang badai buat publikasi jurnal ke luar kampus. Ya emang gak ada yang gampang buat ngejar gelar sarjana. Orang-orang juga pasti begitu, ada yang musti penelitian di luar kota lah, ada yang harus gonta-ganti dosen lah. Semua cobaan tersebut menjelaskan bahwa skripsi itu bukan cuman ujian kognitif, tapi juga fisik dan mental. Ini aja masih S1, gimana yang S2? Ngeliat Kakak gue yang babak belur kuliah pascasarjana aja membuat gue tersadar, bahwa ternyata dia itu perempuan.

Yah, pada akhirnya masa-masa sekolah dan kuliah hanyalah gladi resik untuk tantangan idup setelahnya. Nantinya selepas gladi resik, kita bakalan tau, bahwa setelahnya akan ada dangdutan, lenong Betawi, nobar layar tancep, dll.
Share:

0 comments:

Post a Comment