Friday, June 9, 2017

Perjalanan Menuju Kata "Lulus" (1)



Empat tahun gue merantau, empat tahun gue kuliah, empat tahun cerita yang tertulis di perjalanan ini. Dari mulai gue ospek, diperbudak tugas, keabisan aer pas boker, ampe masuk UGD semua udah gue rasain. Gue sendiri saat itu gak berniat untuk memperpanjang perjalanan tersebut sampai lima tahun atau lebih. Dan satu-satunya pilihan untuk memotong laju perjalanan itu adalah dengan menyelesaikan tugas akhir yang bernama skripsi.

Skripsi, merupakan sebuah karya ilmiah mahasiswa tingkat akhir yang menjadi syarat utama kelulusan mereka. Di sini tak terkecuali gue sebagai mahasiswa harus melewati ujian akhir ini untuk lulus. Ada tiga tema yang gue pilih untuk proposal skripsi berdasarkan interest, kesesuaian latar belakang jurusan, dan tingkat kemungkinan realisasinya. Tiga tema itu adalah musik, marketing, dan kartun. Dalam memilih tema-tema ini gue berpegangan pada pertimbangan yang condong ke interest, karena menurut gue skripsi itu udah ngejenuhin, akan bikin tambah jenuh kalo gue milih tema yang gak sesuai dengan minat. Kalo diurutin berdasarkan tingkat minatnya, maka urutannya akan menjadi seperti ini: 1. Musik 2. Kartun 3. Marketing. Di luar dugaan, ternyata yang dipilih adalah marketing yang merupakan tema yang tingkat ekspektasinya paling kecil. Selain itu tema ini juga udah banyak banget dipake ama mahasiswa jurusan gue. Maka dari itu gue mencoba mengonsultasikan ini ke dosen pembimbing untuk ganti judul. Konsultasi ini pun berbuah pada penggantian tema untuk judul skripsi gue. Seharusnya dari sini gue bisa berbelok ke arah tema yang lebih baik, tapi entah kenapa saat itu gue malah banting setir ke kartun Shinchan sebagai topik skripsi gue. Iya, Shinchan, kartun tentang bocah oedipus complex yang suka make sempak berbentuk gajah. Maksudnya kenapa Shinchan? Ada banyak kartun/anime di luar sana yang lebih enak didenger sebagai bahan penelitian selain kartun yang bercerita tentang keseharian anak TK yang hobi mengekpos tititnya. Katakanlah gue milih Slamdunk, kesannya tuh gue kayak anak basket banget. Atau misalnya gue milih Conan, kesannya gue kayak anak kutu buku yang hobi baca cerita misteri. Sekarang bandingin kalo gue milih Shinchan sebagai topik skripsi, kesannya gue kayak cowok kelainan mental yang masa kecilnya suka mamerin titit. Ini gak akan memberikan impresi yang bagus di depan orang-orang.

Atas dasar pemikiran itulah, di beberapa pertemuan bimbingan selanjutnya gue kembali mengajukan pergantian judul. Kali ini gue mengganti topik gue dengan kartun Spongebob. Kayak gak perah bener pergantian haluan topik gue. Gue gak ada sentimen apapun ke kartun ini. Jamannya SMP gue emang seneng nonton Spongebob yang episode 90-an sampe 2000 awal. Tapi entah kenapa tiap ngediskusiin skripsi ke temen-temen gue, bawaannya mereka gak pernah nganggep serius. Selalu ada cengiran dan tawa yang tergambar di wajah mereka. Agak beda feel-nya ketika kita ngediskusiin bahan kajian skripsi mereka yang tentang manajemen atau studi etnografi, mereka keliatan kayak golongan terpelajar yang sangat intelek. Tiap dosen ngasih masukan juga, begitu dia nyebut kata “Spongebob”, suasana yang tadinya serius, entah kenapa jadi kayak becanda. Entah kenapa.

Oleh karena pengalaman itulah gue kembali mengajukan permintaan untuk mengganti judul. Gue jadi labil. Kayaknya waktu berjalan dengan cepat saat gue mencoba untuk berpikir. Gue kayak gak pernah bisa untuk mengambil keputusan yang tepat. Untungnya dosen cukup fleksibel dalam hal ini. Dia memberikan cukup ruang bagi idealisme mahasiswanya. Namun, waktu yang tersedia gak sebanyak ruang idealisme yang diberikan oleh dosen, karena saat itu gue udah hampir berada pada ujung tenggat waktu ujian proposal pertama. Di situlah risiko yang gue ambil.
  
Saat itu gue berpikir bahwa isi tema musik yang udah gue buat masih mentah dan kurang aplikatif. Ini akan membawa gue ke keadaan semula lagi nantinya. Kemudian gue mencoba mencari inspirasi di perpus. Sambil baca-baca buku, sesekali gue bengong meratiin sekeliling. Ada mahasiswa yang lagi ngerjain tugas, ada yang lagi baca-baca, dan ada juga yang sekedar nongkrong sambil ngobrol ama temennya. Karakteristik pengunjung perpus emang udah gak sesempit stereotype jaman dulu, bahwa yang pergi ke perpus itu cuman anak culun kutu buku yang berkaca mata atau yang berpotongan rambut belah pinggir. Ehm, koreksi, jaman sekarang anak berkaca mata dan berpotongan rambut belah pinggir udah gak bisa dikategorikan sebagai anak culun atau kutu buku lagi, sih, karena yang kayak begitu juga bisa kita temukan di mall atau kafe-kafe gaul. Ya pokoknya dari segi penampilan, pengunjung perpus itu udah sangat majemuk. Ada cewek modis yang terlihat seperti udah siap mau pergi ke mall, ada cowok gondrong yang keliatannya cuman mandi pas malem bulan purnama doang, dan ada orang-orang ber-jersey bola yang antara udah kayak pengen nobar atau maen futsal. Tunggu, tunggu; jersey, bola, nobar… suporter? Iyak! Suporter! Maraknya tren penggunaan jersey bola menunjukan animo masyarakat terhadap bola sangat tinggi. Gue bisa mengasumsikan hal ini juga berbanding lurus pada perkembangan komunitas suporter klub bola di sini. Dari situlah sontak muncul ide untuk meneliti tentang suporter bola.

Progress gue langsung ngebut dari situ. Dari hal sedasar mengganti judul, akhirnya gue bisa nyusul temen-temen gue menuju ujian proposal satu. Pada tahap inilah ujian kembali menyambut. Dosen gue kebetulan dosen luar, jadi segala kepentingan bimbingan termasuk ujian dilakukan dengan menyesuaikan ama kampus doi. Jauh-jauh nempuh perjalanan dua jam buat nyamperin ke tempat dosen, taunya ujian dibatalin. Jadilah ujian gue dipindahin dari hari Sabtu ke Selasa. Udah gitu pas Selasanya udah kayak klimaks lagi, gue lari-lari ngejar dosen di bawah hujan badai buat ngikutin ujian proposal ini. Sebenernya sih gue gak telat dari jadwal, karena temen-temen gue pun baru dateng setelah ujan reda, cuman ya mungkin dosen pada hari itu lagi pengen cepet-cepet pulang aja. Untungnya gue masih bisa ngejar dosen dan ujian proposal yang tertunda pun bisa juga diselenggarakan. Badan yang basah kuyup emang gak matching ama AC ruang ujian. Dengan tampang lecek, gue cuman bisa presentasi sambil menggigil. Draft skripsi gue pun udah pada basah-basahan. Tapi pada akhirnya gue bisa juga menjalani proses sidang dengan lancar. Hasil maksimal pun berhasil gue rengkuh. Mau tau apa yang lucu? Di semester depannya kampus meniadakan fase ujian proposal satu, yang itu berarti nilai gue kagak dianggep. He-he.
             
Selepas melewati ujian pertama, gue bergegas merevisi skripsi dan mendaftarkan diri untuk mengikuti sidang seminar atau ujian proposal dua. Gue agak deg-degan dalam menghadapi sidang kali itu. Bahkan deg-degan gue udah kerasa sejak H-2. Mau ngapain aja kayaknya selalu diiringi oleh deg-degan. Lagi makan, deg-degan; lagi tidur deg-degan; liat fotonya Scarlett Johansson, deg-degan. Untuk mengendurkan ketegangan, gue mencoba untuk relaksasi diri dengan berlatih pernapasan. Gue tarik napas dalem-dalem, tahan, dan akhirnya jantung gue beneran berenti deg-degan. Gue koma. Enggak, deng. Deg-degan gue tentu masih ada. Sebaliknya, di hari H gue malah terksesan kelewat nyantai. Gue ke kampus hanya dengan memakai kemeja kotak-kotak, jeans yang gak dicuci selama dua bulan, dan sepatu kets yang kotor oleh lumpur. Entah nyantai, entah jorok, entah miskin pakaian. Maksudnya di bandingkan temen-temen gue yang sidang make jas, kemeja rapi, atau rok formal (bagi cewek); dandanan gue bagaikan anak proletar buangan iblis jahanam. Sebenernya gue pengen ke kampus make rok, cuman terakhir gue ke kampus kayak gitu, gue diarak bocah kampung.

Gue udah memasuki ruangan, berdiri di hadapan tiga dosen yang akan menguji gue. Biar tampilan gue kelewat nyantai gimanapun, rasa grogi gue tetep gak bisa ilang. Sambil berusaha mengendalikan diri, gue pun memberikan tiga draft proposal ke masing-masing dosen penguji tersebut. Laptop terpasang ke proyektor, power point dibuka, akhirnya gue mulai membuka presentasi. Di saat gue udah mulai menenang, di situlah petaka muncul. Untuk sebagian orang, mereka pernah merasakan suatu rintangan di dalam proses sidangnya. Biasanya rintangan itu muncul di tengah proses presentasi atau pada sesi tanya jawab, tapi gak pada keduanya dalam kasus gue, karena masalah udah dateng sejak gue baru ngebuka presentasi tersebut. Masalah itu adalah… ada konten power point yang luput dari editan gue, yang berarti itu bisa menyimpulkan bahwa… isi power point dan draft skripsi yang gue kasiin ke dosen gak sama.

Tralalalaa~

Biasanya kalo udah kayak gini, gue suka nyari-nyari siapa biang kesalahannya, tapi karena ini kesalahan gue sendiri, gue jadi terjebak pada situasi komunikasi intrapersonal di mana gue berusaha nyalahin diri gue yang lain.

Reka dialog adegan berantem dengan diri sendiri

“Anjrooot… Bego banget sih lo, Dham!!! Lo punya waktu buat ngedit word-nya tapi kenapa enggak buat ngedit power point-nya, monyeeet!!!!”

“Kan gue ya elo-elo juga, ketumbar!!! kenapa lo jadi nyalah-nyalahin, pembalut badaaak!!!!

“Lo kan gue, harusnya lo ngingetin gue dong, babirusa!!!”

“Logika macem apaan tu, kutang???!!! Gimana gue bisa ngingetin elo kalo gue aja adalah elo, BH kuda!!!!!!

“Kalo lo itu gue, kenapa sekarang lo bisa jambak-jambakin ketek gue, nyamuk!!!!!!!!!

“MANA GUE TAU, KEMIRI???!!!!!! INI KAN IMAJINASI LO SENDIRI, SEMPAAAAAAK!!!!!!!!!!!!!

*Kemudian adegan selanjutnya terlalu banyak mengandung bahasa umpatan yang gak bisa dimengerti oleh kaum binatang, rempah-rempah, dan pakaian dalem sekalipun hingga membuat gue sendiri sulit untuk mendeskripsikannya. Tapi kan ini adegan imajinatif lo sendiri, gimana sih lo, Dham. Tapi kan gue... ah, mulai lagi, dah...*

Setelah itu bisa terbayang scene yang terjadi selama dua jam ke depan. Gue dikebiri. He, enggak ding, masa dosen gue sebarbar itu. Gue dibantai abis-abisan dengan kata-kata yang tajam. Waktu itu gue masih mujur karena gue masih bisa lulus dengan nilai B+. Tapi pengalaman bego atas kesalahan yang fatal tersebut bener-bener sulit untuk dilupakan. Sepulang dari sidang muka gue cuman bisa cengo.

Dear, Diare...

Adakah obat untuk orang bego? I need one desperately...
Share:

0 comments:

Post a Comment