Saturday, June 10, 2017

Perjalanan Menuju Kata "Lulus" (3)



BAB Bimbingan dan BAB Penelitian merupakan pengantar untuk BAB finale gue, yaitu Sidang. Sayangnya ini menjadi semacam antiklimaks, karena gue ketinggalan gelombang sidang di bulanMei. Kampret. Padahal saat itu skripsi gue udah di ACC ama dosen. Yang membuat gue waktu itu sangat stres adalah fakta bahwa gelombang sidang yang gue lewatin adalah periode terakhir yudisium di semester delapan. Uuh…

Sebenernya gue masih bisa lulus tepat waktu empat tahun sekalipun gue sidang bulan Agustus, tapi yang gue takutin, gue musti bayar kuliah untuk semester depannya kalo misalnya revisi skprisi gue telat dari tenggat waktu. Yang bener aja kan…

Gue waktu itu emang bener-bener teledor, ketinggalan banyak banget informasi. Udah gitu berkas-berkas untuk sidang juga belom diurusin lagi, termasuk sertifikat TOEFL. Oleh karena itulah gue langsung ngedaftarin diri buat ikut ujian TOEFL saat itu juga. Bersama Chandra gue ngikutin ujian TOEFL dua minggu setelah pendaftaran yang gue lakukan sebelumnya. Kala itu gue lagi mengalami fase tidur yang gak normal aka gue belom tidur semaleman saat ujian berlangsung. Gue emang punya insomnia yang lumayan nyusahin. Beberapa kali gue melakukan aktivitas di siang hari tanpa tidur sama sekali di malam sebelomnya seperti pada saat gue kuliah, ngikutin UAS, ngurusin acara kampus, ampe pada waktu di mana gue bimbingan ke kampus dosen yang dilanjuti dengan wawancara informan di hari yang sama. Rasanya, sih… engg… enggak enak. Pala gue puyeng, tangan gemeter, dan jantung terus berdegup kencang. Emang rada ngeselin insomnia gue. Gue bukan gak bisa tidur karena siangnya kebanyakan tidur atau karena jam tidur gue dirampas oleh aktivitas lain. Percayalah gue pernah gak tidur seharian ampe jam sembilan malem, dan begitu tidur, gue malah kebangun pada jam dua belas malam. Kayak gak bisa fresh aja sih pikirannya tiap mau tidur. Dibilang parah ya… mayan juga. Pasalnya gue pernah minum obat tidur ampe lima biji tapi tetep aja malemnya kagak bisa tidur juga. Ya untungnya di hari ujian gue masih bisa menguasai diri.

Setelah semua berkas udah siap, akhirnya gue daftar sidang juga pada bulan Juni. Dari situ gue kembali harus menunggu pemberitahuan jadwal sidang dari sekre. Hari-hari setelah itu gue habiskan di Bandung. Gue ampe diomelin orang tua gara-gara kagak mau balik tiap disuruh pulang. Hari demi hari gue lewatin dengan nunggu jadwal nyambil-nyambil melajarin skripsi gue lagi.

Hari-hari yang gue lewatin udah bener-bener beda dibanding tahun-tahun sebelomnya. Dulu tiap ke kampus kayaknya masih rame ama anak-anak. Kemudian setelah memasuki semester-semester akhir, kita jadi jarang ketemuan. Sebagian temen-temen yang memulai skripsi bareng dengan gue udah pada lulus prematur. Di kampus pun gue jadi berasa tua sendiri karena mayoritas orang-orang sana adalah junior dan MABA yang kagak gue kenal. Sekalinya ada junior yang negor gue, gue lupa ama nama mereka.

Kehidupan di luar kampus pun udah banyak berubah. Bangunan baru, tukang dagangan baru, dan kost baru. Iya, setelah empat tahun ngekost di tempat yang lama, akhirnya gue pindah juga karena diusir. He, enggak ding, mungkin lbih tepatnya gue pindah kost karena bapak kost gue gak nerima bayaran bulanan. Ya kan gak mungkin juga gue di sana bayar yang untuk satu tahun, wong di Bandung aja gue udah tinggal beberapa bulan lagi. Kadang sedih juga sih ninggalin kost yang udah memberikan gue banyak cerita. Di situ tersimpan banyak kenangan selama empat tahun. Setiap sudut ruangan memiliki beragam makna di dalamnya.

Pemandangan depan kamar gue…

  
Dalem kamar…



Kamar mandi…


Iya, gue sadar kalo gue udah make album cover-nya Nikita Willy sebagai penutup ventilasi kamar mandi. Maaf ya Nikita… abis kecoak suka masuk lewat situ…

Pada masa-masa sulit itulah gue musti ninggalin kamar bersejarah yang udah pernah jadi saksi pengalaman idup gue. Bye bye kecoak, titinggi, laron, semut, kelabang, tomcat, laba-laba, lumut, dll. Miss you all.

Untungnya Babeh punya kenalan yang nyediain kost dengan sistem bayaran per bulan, jadi gue langsung pindahan ke kost tersebut. Kostnya baru, deket kampus, murah, dan lebih manusiawi, ini bagus untuk mereduksi naluri kebinatangan gue. Lucunya si Babeh ngajakin pindahannya rada dadakan. Tau-tau dari Bekasi doi ke kost gue, dan tau-tau doi langsung nyuruh pindah kost. Padahal hari itu gue abis kerja bakti beberes kamar ampe mengkilat.

Bersamaan dengan beresnya urusan tempat tinggal, gue mendapat kabar SMS dari sekre mengenai jadwal sidang. Setelah nunggu cukup lama, akhirnya sampai juga gue di hari itu. Tepat pada hari Jumat, tanggal 8 Agustus 2014, gue bersiap menghadapi sidang akhir.  Semua orang pasti menyiapkan dirinya yang terbaik untuk momen ini. Gak hanya pemahaman skripsi yang maksimal, tapi juga kondisi tubuh yang dipersiapkan 100%. Tidur cukup, sarapan, dan malah mungkin ada yang minum suplemen untuk menjaga agar tubuhnya tetap segar. Tapi sayangnya gue bukanlah orang tersebut. Penyakit insomnia gue kembali kambuh. Hingga jadwal sidang pada jam sepuluh pagi, gue belom tidur sama sekali. Ya tapi apa mau dikata, gue udah terlanjur terjun ke medan perang. Apa yang ada di depan mata tabrak aja. Akhirnya gue malah di-D.O. gara-gara nabrak dosen make traktor. Gak lah.

Setelah meneguhkan hati untuk bertempur, gue pun memasuki ruang sidang. Seperti biasa, sebelom memulai presentasi gue menyiapkan power point, proyektor, dan hardcopy skripsi untuk dibagiin ke masing-masing dosen penguji. Ketika semua udah siap, baru gue mulai acara presentasinya. Gue menjelaskan konten skripsi satu per satu. Satu-dua halaman power point terlihat lancar gue paparkan. Kepercayaan diri gue mulai terbangun. Sayangnya, bersamaan dengan kebangkitan rasa percaya diri gue, di saat itu pula gue jatuh ke sebuah lubang… yang sama. Gue baru sadar kalo ada halaman power point yang KEMBALI luput dari proses pengeditan gue.

Gue… ck… huufft… hmm… Gue pun berusaha melanjutkan presentasi itu seperti biasa. Dengan muka yang mencoba untuk terlihat wajar, gue menggeser halaman demi halaman power point sampai akhir. Padahal di dalam pikiran, semua ekspektasi gue udah pada terbang. Sampai akhir presentasi pun pikiran gue kosong. Gue udah merasa kalah, bahkan sebelom dinyatakan kalah. Maksudnya… kenapa…  KENAPA GUE BISA MELAKUKAN KESALAHAN YANG SAMA???!!! Selama empat bulan terakhir itu gue ngapain aja sampe-sampe ada ‘secuil’ halaman power point yang ketinggalan dari proses editing??? Cuman satu halaman power point udah dapat menentukan nasip berbulan-bulan pengerjaan skripsi! SATU HALAMAN!!!!!!

Kemudian bisa ditebak reaksi dosen yang pada kalap ngeliat presentasi gue.

“Ini yang kamu sebut dengan skripsi?!!” bentak dosen penguji satu sambil gebrak meja.

“Kamu ini serius atau enggak, sih?!!” tereak dosen penguji dua sambil ngelempar skripsi gue.

“Nenek saya aja yang abis PMS bisa buat skripsi tiga kali lebih bagus dari punya kamu!!!!” damprat dosen penguji satu sambil nge-suplex gue dari atas meja yang diakhiri dengan ledakan C4 di lantai.

Begitulah kira-kira yang terjadi kalo idup cuplikan pengalaman sidang gue disutradai oleh Michael Bay. Tentu kenyataan yang sebenernya bukanlah kayak gitu, meski rasanya emang kurang lebih seperti itu. Gue dihajar, dihantam, dan  ditusuk secara verbal. Dada gue bukan hanya dihujam oleh panah, tapi juga belati, pedang, tombak, tiang jemuran, portal kelurahan, lightstick fans JKT 48, dll. Dengkul gue lemes. Bukan karena semalem sebelomnya gue abis ngabisin sabun, tapi karena saat itu gue udah ilang harapan.

Selepas puas ngebantai, dosen nyuruh gue keluar ruangan untuk proses penilaian. Masa depan gue sebagai mahasiswa tingkat akhir berada di ambang kematian. Segala hal positif dari skripsi gue udah tertelan oleh satu kesalahan teknis tersebut. Kemudian gue ngeliat ada kunang-kunang terbang. Gue cengar-cengir sendiri ngeliat kunang-kunang tersebut pada konvoi ngiterin pala gue. Gue udah mulai gila.

Beberapa saat kemudian gue dipanggil kembali untuk masuk ruangan. Dosen memberikan beberapa patah kata untuk nyeramahin gue. Suasana ini gak lebih baik dari pas sidang sebelomnya. Gue berasa kayak kontestan Indonesian Idol yang lagi dihakimin sama Anang dan kawan-kawannya. Ya, proses penghakiman yang menentukan apakah gue bisa lulus atau harus mengulang skripsi di tahun berikutnya.

Hmm... ini agak berat...” kata salah satu dosen

“...” kata gue. Oke, gue emang gak ngeluarin suara apa-apa saat itu.

“Kamu keliatan gak siap...”

“...” gue masih belom bisa ngomong.

“Kamu sangat kurang...”

“...” gue masih membisu.

“Kalo kayak gini kamu gak usah dilulusin aja ya?”

“!#$%^&*?@#$%^&*?!” gue panik.

“Hah?” dosen bingung karena gue ngomong tanda seru, tagar, dollar, persen, pangkat, ampersand, bintang, tanda tanya, alpha.
           
“Hmm...” dehem dosen pembimbing, entah dia ngerti ama bahasa gue, atau dia cuman lelah ama kelakuan gue.

“Jadi gini, Dham...” lanjut si dosen penguji.

Deg-deg-deg...

“Setelah kami berdiskusi...”  

Dag-dig-dug-dag-dig-dug...

“Dengan ini...”

Dag-gedig-gedug-dag-gedig-gedug-dag-gedig-gedug-dag-gedig-gedug...

“Kami menyatakan...”

Drutak-drududutak-drutak-betakbetak-takbetakbetak-drugedagedugedak-bebetak...

“Bahwa...”

*solo gitar*

“Kamu...”

*hening, karena para pemain band udah pulang semua*

..................................................................

.......................................................
           
........................................

.........................

...............

.......
           
...

“Lulus.”

“Hah? Aph...aphaa??”

“Kamu lulus.”

“Waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!!!!!!!!!!” jerit gue dalem hati, karena gue gak mungkin jejeritan kayak gitu di ruang sidang kalo gak mau ditahan ama security.

“Tapi ini masih banyak yang harus kamu perbaiki ya,” ujar si dosen.



“Haiyak, Pak, oke,” jawab gue sekenanya menutup pengalaman ini...

Dear, Diare...

Setelah melewati banyak intrik,  akhirnya gue dinyatakan lulus juga oleh dosen. Perasaan gue campur aduk. Seneng, bahagia, gembira, girang, happy; gue tau dari tadi gue cuman nulis sinonim dari kata seneng doang tapi emang saat itu gue merasakan rasa senang yang seseneng-senengnya. Momen ini terasa sangat pas ketika sepulangnya gue dari kampus, keluarga gue dateng jauh-jauh dari Bekasi buat ikut nyelametin kelulusan gue. Ya untung lulus, lha kalo kagak? 

Share:

0 comments:

Post a Comment