Saturday, September 3, 2016

TeLate

Absensi gue selama kuliah terbilang cukup aman. Gue gak pernah bolos. Kalo sakit pun gue selalu paksain buat kuliah. Entah itu cuman sekedar demam atau belom sempet tidur, selama gue masih bisa melek dan ngegerakin kaki buat jalan, sebisa mungkin gue usahain buat ke kampus. Bukannya apa-apa, karena bagi gue kuliah itu kayak main Minesweeper. Bagi yang terlalu muda, Minesweepeer adalah game komputer jadul yang dikembangkan oleh microsoft. Konsep game ini kurang lebih adalah tentang misi untuk membersihkan suatu wilayah berpola persegi dengan mengklik area tersebut tanpa meledakan ranjau yang tersembunyi di dalamnya. Kita gak pernah tau tambang apa yang tersembunyi di masing-masing area tersebut sampai kita mengkliknya, termasuk ranjau itu sendiri. Nah, itu tuh udah kayak kuliah. Gue gak tau apa yang terjadi di kelas kalo gue gak ngikutin kelas tersebut. Dalam catatan absen, gue selalu masuk, masuk, masuk, sekalinya gak masuk, kuis. Selalu gitu. Mending kuisnya bisa susulan atau gak terlalu berpengaruh ke nilai akhir mata kuliah, lha ini gue bisa ternacem ngulang kalo gak ngikut.

Gak ada yang enak dari ngulang mata kuliah, karena gue pernah mengalaminya. Gue inget gimana saat mata para MABA tertuju ke gue ketika masuk kelas di hari pertama ngulang mata kuliah. Mereka ngeliat gue keheranan seolah gue adalah monyet langka yang nyasar. Gue bisa paham tentang apa yang ada di pikiran mereka saat itu. Pasti pada saat itu mereka berpikir bahwa gimana bisa ada seorang mahasiswa tua ngulang mata kuliah AGAMA?! Apa dia terlalu bodoh untuk ngikutin mata kuliah dua SKS ini? Atau emang dia gak punya pendirian agama yang kuat?? 

Semua berawal akibat malapetaka yang terjadi pas semester pertama dulu. Saat itu adalah pekan UAS, lebih khususnya merupakan hari Jumat di mana gue mempunyai jadwal ujian Agama. Di hari itulah peristiwa malapetaka gue musti ngulang kuliah agama bermula, karena pada hari tersebut secara cerdas gue gak mengikuti ujiannya.

Kenapa gue gak mengikuti ujian akhir tersebut? Bukan karena gue males, bukan karena gue nganggep itu gak penting, dan bukan juga karena gue kalo pipis suka jongkok. Semua itu gak ada hubungannya, terutama yang ketiga. Gue kalo pipis gak sambil jongkok, melainkan kayang. Terus karena gue gak bisa ngendaliin arah pancuran kencingnya, akhirnya airnya masuk ke mulut dan gue keselek kencing sendiri. Tiga hari kemudian gue ditemuin membusuk di kamar mandi dengan setengah telanjang.

Ni kenapa jadi ngomongin kencing? 

Gue gak ikut UAS karena udah bangun kesiangan. Bisa dibilang saat itu gue belom mendapatkan jam tidur yang cukup, karena satu malam itu gue emang gak tidur sama sekali. Gue lagi terkena fase insomnia yang gak bisa diselametin. Semaleman mata gue melek, dan begitu udah jam tujuh, taunya gue ketiduran. Padahal gue ada UAS pada jam setengah sembilan.

Sebenernya alarm HP gue sempet bunyi pas jam delapan, cuman dengan begonya tangan gue refleks untuk matiin alarm tersebut. Tangan gue serasa gerak sendiri, gue kayak keilangan kendali penuh atas badan ini. Mungkin ini disebabkan oleh tubuh gue yang secara otomatis terprogram oleh kebiasaan saat liburan, yaitu mematikan alarm ketika berbunyi. Gak peduli jam berapa alarm tersebut mengeluarkan nada deringnya, tangan gue dengan sigap mematikannya untuk memberikan babak perpanjangan waktu bagi jam tidur gue. Salah satu penyebabnya mungkin karena fungsi tubuh ini udah bener-bener tunduk atas kantuk liar yang menerpa. Badan gue kayak udah kehabisan daya kekuatannya untuk memfungsikan tubuh dengan benar.

Akhirnya gue baru bener-bener bangun pas jam...

Setengah sepuluh. 

Setengah sepuluh bapak-bapaaak...

Dan yang lucu lagi adalah...  

Waktu itu gue belom sadar kalo gue udah telat sejam. Gue ngehnya saat itu masih jam setengah sembilan.

Dammit, brain

Mata berat, muka berantakan, nyawa pun masih berserakan. Dengan pikiran yang masih terjebak dalam pedoman waktu yang salah, gue pun lekas siap-siap untuk berangkat ke kampus.

Batas waktu toleransi keterlambatan adalah 15 menit. Gue yang pada saat itu berpikir bahwa waktu masih menunjukan jam setengah sembilan memperkirakan akan tiba di kelas setelat-telatnya jam 08.40.

Begitu sampe sana, gue merasakan semacam ada kejanggalan. Koridor kampus yang biasanya masih menyisakan beberapa anak setelah memasuki jam ujian ternyata udah bener-bener kosong sama sekali. Di tengah pikiran gue yang masih ganjil akan kekosongan koridor kampus, ujug-ujug temen keluar ruangan ujian dengan tasnya. Kayak ada yang beda dari situasi tersebut. Itu bukanlah gaya keluar ruangan yang biasanya. Itu adalah gaya keluar ruangan setelah mahasiswa selese ujian. 

Menyadari ada yang salah dari situasi ini, gue langsung buru-buru ngecekin kelas. Di situ gue ngeliat ada beberapa temen yang lagi ngerjain lembaran soal. Gue bingung, mereka pun begitu saat ngeliat gue. Anomali situasi ini seperti membangunkan gue ke alam nyata yang asli. Dengan segera gue ngeliat jam dinding di kelas, dan di situ tertera jam…

Setengah sepuluh. 

Setengah sepuluh bapak-bapaaak... (berasa de ja vu gini ngetiknya) 

Satu detik pertama setelah ngeliat jam gue mencoba nyubit pipi sendiri sambil berharap bahwa gue akan terbangun (lagi) ke dunia nyata yang lebih bener dari ini.

Detik kelima gue mulai ngebentrokin pala ke tembok.

Detik kesepuluh gue ngegosokin badan ke ubin.

Detik kelimabelas gue ditangkep satpam karena disangka lagi mencoba bersetubuh dengan ubin kampus. 

Akhirnya pada detik ketigapuluh setelah gue melakukan berbagai macam percobaan untuk membangunkan diri dari mimpi buruk ini, gue baru tersadar bahwa semua ini adalah… nyata.

Sejenak gue terdiam... kemudian gue panik. Setelah itu gue langsung berupaya mengendalikan situasi sekaligus memperjuangkan nasip gue di semester ini dengan mencoba berdialog dengan pengawas ujian.

Teh, saya masih boleh ikut ujian gak...?”

Wah, ini kamu udah telat berapa menit, nih...”

Iya aduh, teh, tolong banget, deh... saya gak sengaja kesiangan tadi...”

Mending kamu lapor dulu deh gih ke sekre, kalo diijinin, baru kamu boleh ikut ujian.” 

Gue pun langsung buru-buru ke sekre untuk mencari kemungkinan ikut ujian. Sial, sesampainya di sana, jawaban sama berisi penolakan kembali gue dapati. Sekrenya bilang kalo gue musti ke Kaprodi langsung untuk mendapat izin ikut ujian susulan. Gue pun meneruskan perjalanan ke ruang kaprodi untuk kembali mencoba menyambung napas di semester ini.

*Tok-tok-tok*

Suara ketokan pintu ruang Kaprodi. Ya gak mungkin juga sih yang kayak begitu suara ibu-ibu melahirkan.

"Ya, masuk," Bapak Kaprodi memersilakan gue masuk ruangannya.

Gue pun masuk ruang Kaprodi.

"Ada apa ya?" 

"Gini, Pak. Saya barusan tes, dan hasilnya positif."

"Ap... Apa?"

"Ini udah tiga bulan. Saya harap Bapak mau tanggung jawab."

*Muka Pak Kaprodi yang syok* *Kamera zoom in-zoom out ampe 17 kali* *Sound effect cymbal* *Sound effect gelas pecah* *Sound effect suara kucing kawin*

Tunggu, ni acara apaan?

Alur dialognya tentu gak seperti itu. Gue cuman menerima template jawaban yang sama dengan pengawas dan sekre yang sebelumnya gue lobi agar bisa mengikuti UAS. 

Ujian susulan untuk UAS, hanya diperbolehkan bagi mahasiswa yang sakit. Sakitnya bener-bener sakit. Gue musti menyertakan surat dokter yang menjelaskan bahwa gue minimal harus diopname. Tadinya gue pengen nombak pantat gue sendiri biar bisa langsung diopname di rumah sakit, tapi sejauh mata ngeliat, benda lancip yang ada di ruangan cuman ada pulpen. Gue gak mungkin nusuk-nusukin pantat gue sendiri dengan pulpen saat lagi ngobrol ama Kaprodi kalo gak mau disangka napsuan ama dia.

Setelah keluar ruangan, dengan berat hati gue musti menerima kenyataan kalo nyawa gue untuk mata kuliah Agama gak bisa diselametin. Baru semester pertama, gue udah menghancurkan sepucuk harapan untuk gak membawa keteledoran gue semasa SMA ke jenjang kuliah. Padahal ibaratnya udah tinggal sejengkal lagi gue berhasil melewati fase kuliah Agama selama satu semester. Gue udah tinggal ngelewatin jadwal UAS berdurasi dua jam dan semua tetek bengek soal perkuliahan agama bisa lepas dari idup gue. Namun apa daya nasip mata kuliah di satu semester penuh tersebut dieksekusi begitu aja oleh efek insomnia satu malam. Bukannya lolos dari jeratan dua SKS, gue malah harus nambah dua SKS untuk ngulang mata kuliah ini di tahun berikutnya. 

Selepas hari Jumat pun gue masih berusaha menyelamatkan nyawa nilai mata kuliah Agama dengan mencoba melobi dosen terkait. Sebenernya dia cukup fleksibel dalam hal ini. Setelah sempet ngobrol beberapa saat, dia pun memberikan gue lampu hijau untuk ikut ujian susulan. Tapi kendalanya adalah izin personal dari dia juga harus disambut oleh keputusan positif Kaprodi yang memegang wewenang penuh atas urusan ini. Gue pun harus merelakan waktu-waktu kuliah Agama yang terbuang percuma, karena kasus ini telah menyebabkan nilai akhir gue kosong sama sekali.

Dari sinilah cerita gue ngulang kuliah agama bermula. Seperti yang gue bilang sebelomnya, gak ada yang enak dari ngulang kuliah. Musti nambah-nambahin SKS lah, musti nyesuain jadwal lah. Terhitung di semester itu udah lebih dari tiga kali jadwal kuliah dipindah-pindah karena semrawutnya penjadwalan yang ada. Bahkan setelah dipindah-pindah pun jadwal kuliah Agama gue masih bentrok sama kelas Statistik. Hal ini membuat gue tiap masuk kelas Agama harus menerima konsekuensi telat sejam karena kepentingan durasi kuliah statistik yang nerobos jadwal kuliah Agama, dan tentunya gak ada dosen yang seneng ngeliat mahasiswanya telat setiap kegiatan perkuliahan apapun alasannya itu. Apapun alasannya.

Dear, Diare... 

Insomnia telah memberikan dampak luar biasa terhadap idup gue. Gara-gara insomnia, gue jadi telat ngikut UAS... Gara-gara insomnia, gue jadi ngulang kuliah... Gara-gara insomnia, gue jadi gak seperti aku yang dulu... Sekarang gue make rok... Kayaknya mimpi waktu jadi anggota JKT 48 kebawa ke realita gara-gara insomnia yang udah memutarbalikan idup di dunia nyata dan di alam mimpi... Insomnia udah menyebabkan gue jadi gak bisa ngebedain mana kehidupan nyata dan mana mimpi... Kayak film "Fight Club" gitu... Cuman bedanya Edward Norton gak pernah make rok di setiap adegan filmnya.........

Share:

0 comments:

Post a Comment